Minggu, 02 November 2014

VISI, MISI DAN TUJUAN

VISI, MISI DAN TUJUAN



VISI
Membangun dan Mempersiapkan generasi bangsa sejak usia dini melalui pilar-pilar pendidikan dan pengembangan  karakter bangsa Indonesia agar tercipta generasi yang sehat, cerdas, ceria, kreatif, mandiri, dan berakhlak mulia.

MISI
1.      Mendukung  program pemerintah untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan anak        bangsa.
2.      Stimulasi Terpadu, sehingga pada saat anak melakukan kegiatan dapat mengembangkan beberapa aspek sekaligus (fisik, bahasa, motorik kasar/ halus,daya pikir,sosial emosional, moral dan seni).
3.      Menumbuh kembangkan nilai-nilai dasar karakter dan bakat anak melalui pembiasaan-pembiasaan
4.      Meningkatan kualitas kesehatan dan status gizi anak

TUJUAN
1.        Terwujudnya Program pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa
2.        Membantu anak untuk terus belajar sepanjang hayat guna menguasai keterampilan hidup. Pembelajaran bagi anak usia dini bukan berorientasi pada sisi akademis saja melainkan menitikberatkan kepada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, bahasa, intelektual, sosial-emosi, moral, seni  serta seluruh kecerdasan (Kecerdasan Jamak). Dengan demikian, dapat mengakomodasi semua aspek pekembangan anak dalam suasana yang menyenangkan dan menimbulkan minat anak.
3.        Mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Berdasarkan tinjauan aspek didaktis psikologis tujuan pendidikan di Pendidikan Anak Usia Dini yang utama adalah;
a)     Pertama, menumbuh kembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan agar mampu menolong diri sendiri (self help), yaitu mandiri dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri seperti mampu merawat dan menjaga kondisi fisiknya, mampu mengendalikan emosinya dan mampu membangun hubungan dengan orang lain.
b)     Kedua, meletakkan dasar-dasar tentang bagaimana seharusnya belajar (learning how to learn). Hal ini sesuai dengan perkembangan paradigma baru dunia pendidikan melalui empat pilar pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO, yaitu learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together yang dalam implementasinya melalui pendekatan bermain sambil belajar (learning by playing) , belajar yang menyenangkan (joyful learning) serta menumbuh kembangkan keterampilan hidup (life skills) sederhana sedini mungkin.

4.        Peningkatan kualitas kesehatan dan status gizi anak, melalui kegiatan PMT dan peningkatan pengetahuan dan pemahaman orang tua tentang tumbuh kembang anak.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar